Sabtu, 24 Mei 2008

Ganti Operator Telepon Tanpa Ganti Nomor

Jalan-jalan di Detikinet trus nemu tentang rencana penggunaan sistem number portability di Indonesia pada tahun 2011 mendatang oleh Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI). Kemungkinan nanti akan diterapkan penggunaan satu nomor tetap untuk pengguna telepon selular namun kita bebas untuk berganti operator telepon kita ke operator lain. Selama ini nomor telepon dimiliki oleh masing-masing operator yang mengeluarkannya, namun nanti nomor telepon akan dikuasai oleh pemerintah.

1. Sisi positif / Manfaat penerapan sistem number portability :
- Persaingan sehat dalam menjaring dan mempertahankan pelanggan yang ada dengan pelayanan maksimal dan harga yang kompetitif.
- Operator yang buruk akan dihukum dengan pihdahnya pelanggan mereka ke operator lain yang memiliki kualitas layanan yang prima.
- Konsumen tidak perlu mengganti nomor telpon jika ingin ganti operator.
- Pemerintah dapat dengan efektif dan mudah mendata dan mengawasi pengguna telepon di Indonesia secara terpusat.
- Tidak perlu lagi punya banyak nomor telepon yang bisa membuat pusing diri sendiri serta orang lain yang mau menghubungi kita.

2. Sisi negatif adanya number portability :
- Harga perdana nomor cantik yang ada akan melambung tinggi karena rencana penyatuan nomor ke satu pengelola.
- Jumlah nomor telepon akan dibatasi pengeluarannya sehingga menyulitkan kita untuk mendapatkan nomor yang cantik.
- Persaingan yang semakin ketat dapat menimbulkan trik trik nakal dari suatu operator.
- Bisnis jual beli nomor perdana telepon selular akan lesu karna pembatasan jumlah perdana baru dan pilihan nomor yang kurang variatif.

Semoga saja dengan adanya number portability di masa yang akan datang pada jaringan gsm dan cdma diharapkan dunia telekomunikasi di negara kita bisa semakin maju.

Bagi yang belum cocok dengan nomer HP yang ada, beli saja yang paling cantik sekarang supaya nanti tidak kehabisan atau kesulitan memburu nomer cantik di kemudian hari.

Tidak ada komentar: