Sabtu, 03 Mei 2008

Memilih Topik Bisnis Internet


Hal pertama yang harus anda tentukan dalam memulai membangun sebuah web bisnis internet adalah memilih topik. Kenapa ini begitu perlu?

Saat ini internet telah menjadi “rimba raya” informasi. Para pengguna internet lebih menyukai web yang spesifik yang khusus memuat informasi yang berhubungan dengan informasi yang mereka butuhkan. Contohnya, jika mereka ingin membeli buku, maka mereka akan mencari web yang terkenal sebagai penjual buku seperti amazon.com.

Walau sebenarnya amazon.com juga menjual produk kesehatan dan kecantikan, namun rata-rata pengunjung amazon.com tidak membeli produk kesehatan dan kecantikan dari amazon.com, karena amazon lebih identik dengan toko buku. Kemungkinan besar pengunjung amazon akan pergi ke website lain jika mereka butuh produk kesehatan atau kecantikan.

Dan yang perlu juga anda ingat, amazon mampu menyediakan bermacam-macam jenis produk di internet adalah karena dia merupakan perusahaan besar yang sudah punya reputasi tinggi. Jadi walaupun produk kecantikan dan kesehatan atau produk-produk lainnya tidak laku, penjualan bukunya yang sudah keberbagai negara mampu menanggung biaya penyediaan barang-barang bukan buku. Amazon.com kuat untuk itu karena dia memiliki modal jutaan US dollar.

Nah.., jika anda baru akan memulai bisnis internet, sebaiknya website anda hanya fokus ke satu atau dua jenis produk saja. Jika anda menjual jamu (hanya contoh), maka topik website anda hanya berhubungan dengan kesehatan. Jangan coba-coba tiba-tiba anda juga menjual ponsel di website tersebut. Pengunjung anda akan menganggap usaha anda tidak profesional dan mereka akan berpindah ke website lain yang lebih spesifik menjual jamu.

Pilihlah topik untuk web bisnis anda dengan perpedoman kepada:

Minat dan Hobi Anda.
Misalnya, jika anda suka memeliharan ikan hias, maka anda akan bersemangat dan perpeluang untuk sukses dalam perdagangan ikan hias, karena merupakan hobi atau minat anda. Jika anda membuat website atau blog mengenai topik yang tidak anda minati, maka lama kelamaan anda akan menjadi bosan dan mengabaikan website atau blog tersebut.

Pengetahuan Anda
Anda mempunyai pengetahuan dan pengalaman mengenai topik tersebut. Mengambil contoh ikan hias diatas, jika anda tahu banyak seluk beluk ikan hias, anda bisa memberi tips dan panduan seputar ikan hias. Para netter yang berminat terhadap ikan hias akan datang ke website atau blog anda untuk membaca informasi mengenai ikan hias sambil membeli produk anda (ikan hias, aquarium, makanan iklan, dan lain-lain).

Permintaan Pasar Yang Memadai
Jangan mempromosikan barangan yang tidak/kurang diminati orang, karena barang anda tidak akan laku. Jangan juga mempromosikan barang yang tidak bermanfaat atau melanggar undang-undang.

Anda Mampu Menyediakan
Jangan promosikan produk yang anda tidak mampu menjual atau menyediakan. Pelanggan akan kecewa jika ada order pembelian mereka yang tidak bisa anda penuhi. Pelanggan yang kecewa biasanya akan menceritakan kekecewaan mereka kepada orang lain, sehingga akan sangat merugikan usaha bisnis online anda.

Sebenarnya masih ada hal-hal lain yang perlu anda pedomani dalam memilih topik untuk web bisnis anda. Namun empat hal diatas adalah yang paling utama.

Selamat memilih topik untuk bisnis online anda.

1 komentar:

Gading mengatakan...

ok banget sarannya mas...

salam kenal

Gading