Rabu, 09 April 2008

Fungsi Merk Dalam Marketing

Shakespeare pernah menyatakan "Apalah artinya sebuah nama?" Tapi orang Muslim menempatkan nama sebagai doa atau yang orang jawa mengatakan "asma kinarya japa". Lebih jauh orang jawa menegaskan jeneng dulu baru jenang. (Nama dulu baru makanan atau harta). Confucius mengatakan nama bisa mengubah hidup.
Dalam dunia marketing nama atau merk teramat berpengaruh. Dalam bukunya Are You an Enterpreneur? secara singkat dan padat Rodney Overton mengatakan "Dengan berbekal merk berarti anda telah mengumandangkan satu identitas yang unik kepada konsumen. Sehingga konsumen dapat mengurangi resiko, mudah mencari dan mampu membedakan produk anda dari pesaing."

Merk berimbas langsung terhadap penjualan, semakin greget merk anda semakin tokcer fungsi penjualan anda. Merk yang kuat akan memboyong manfaat yang tidak sedikit. Pertama, besarnya loyalitas dan margin. Kedua, kebalnya perusahaan terhadap persaingan dan krisis. Ketiga, solidnya dukungan orang tengah. Keempat, mulusnya proses komunikasi pemasaran. Kelima, terbukanya peluang lisensi dan perluasan merk.

Ujung-ujungnya merk yang kokoh tak ubahnya seperti magnet. Ia akan memikat stakeholder yang terbaik. Kira-kira profesional yang cemerlang akan tertarik berkarir dimana? Tentu pilihan akan jatuh ke perusahaan yang bermerk kuat dan mapan seperti Garuda, Nokia atau CitiBank daripada yang lainnya. Karyawan, pemasok, investor, partner, konsultan dan stakeholder yang lain juga cenderung mengincar merk yang tangguh. Ini jelas menguntungkan pemilik merk.

Mungkin tak berlebihan bila saya katakan "Shakespeare is wrong!" Zaman sekarang brand is neccesity. Merk adalah keniscayaan. Untuk itulah, merk adalah modal pertama.

Bersiap-siaplah untuk mencari inspirasi.

1 komentar:

ipbranding mengatakan...

ijin Berbagi info penting::
Untuk mendapatkan konsumen yang loyal,kita harus selalu mengedepankan innovation. namun besarnya biaya untuk menebus sebuah innovation tanpa adanya perlindungan hukum terhadap merek merupakan langkah yang sia-sia,
coba anda bayangkan berapa banyak waktu,tenaga,fikiran,bahkan uang yang terbuang demi tercapainya innovation sebuah merek.bagaimana rasanya jika merek tersebut di palsukan oleh competitors anda? Kesadaran akan pentingnya mendaftarkan merek dagang merupakan bukti nyata keseriusan anda dalam membangun sebuah business.

Gratis pendaftaran merek,desain Industri,Hakcipta di www.ipbranding.co cukup dengan memesan desain logo,icon,symbol,design packaging, uniform,t-shirt promo,dll.kami juga menyediakan jasa pendaftaran barcode gs1system, pembuatan website serta maintenancenya.

hotline:: 085.6789.7272/0888.0600.7504
PIN BB:: 32744CC7
Support by :: www.ipindo.com konsultan hki terdaftar.
*syarat&ketentuan;berlaku.